Eksplorasi Keefektifan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di FKIK Universitas Warmadewa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang mendasar dalam bidang pendidikan kedokteran. Pendidikan kedokteran karena adanya pandemi Covid-19 ini harus dilaksanakan secara dalam jaringan (daring). FKIK Unwar menerapkan pembelajaran daring untuk pembelajaran di tahap akademik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang keefektifan diskusi kelompok daring, perilaku tutor dalam memfasilitasi diskusi kelompok secara daring, motivasi mahasiswa, persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran daring di FKIK Universitas Warmadewa. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed method). Penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner DREEM, TGEI, IMI, dan TBQ secara daring kepada mahasiswa. Penelitian kualitatif untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran daring dilakukan dengan FGD kepada mahasiswa dan dosen. Sebagian besar responden > 75% menyatakan setuju dan sangat setuju pada masing-masing butir kuesioner DREEM, IMI, TGEI, TBQ. Hasil FGD terdapat beberapa faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran daring antara lain: Adanya fasilitasi pembelajaran keterampilan daring melalui LMS dan kemampuan dosen dalam memfasilitasi pembelajaran daring. Beberapa faktor yang menghambat antara lain: Jaringan internet yang kadang-kadang tidak stabil, belum optimalnya bantuan institusi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran daring, dan penunjang pembelajaran daring terutama dalam hal keterampilan klinik belum optimal. Pembelajaran daring di FKIK Unwar sudah berlangsung dengan efektif. Motivasi intrinsic mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring sudah cukup baik. Tutor mampu memfasilitasi pembelajaran daring dengan baik. Mahasiswa mempersepsikan lingkungan pembelajaran daring di FKIK Unwar sudah baik.
Rincian Artikel
Referensi
Abdulghani HM, Sattar K, Ahmad T, Akram A., 2020. Association of COVID-19 Pandemic with undergraduate Medical Students' Perceived Stress and Coping, Psychol Res Behav Manag, 30,13,871-881.
Althwanay A, Ahsan F, Oliveri F, et al., 2020. Medical Education, Pre- and Post-Pandemic Era: A Review Article, Cureus 12(10): e10775. DOI 10.7759/cureus.10775)
Baticulon R., Alberto N., Baron M., Mabulay RE., Rizada LG., Sy JJ., Tiu C.J., Clarion, CA & Reyes JC, 2020. Barriers to online learning in the time of COVID-19: A national survey of medical students in the Philippines, medRxiv.
Chng E., Yew EHJ. & Schmidt HG, 2011. Effect of tutor-related behaviours on the process of problem-based learning, Advance in Health Science Education, 16, 491-503.
Deci, ED. & Ryan, RM, 2008. Self-determination theory: A macrotheory of human motivation, development, and health, Canadian Psychology, 49,3,182-185.
Frehywot S, Vovides Y, Talib Z, Mikhail N, Ross H, Wohltjen H, et al., 2013. E-learning in medical education in resource constrained low- and middle-income countries, Hum Resour Health, 11,1,4–15.
Getzlaf B., Perry B., Toffner G., Lamarche K. & Edwards M, 2009. Effective Instructor Feedback: Perceptions of Online Graduation Students, The Journal of Educators Online, 6,2,1-22
Mukhtar K., Javed K., Arooj M. & Sethi A., 2020. Advantages, Limitation and Recommedations for online learning during COVID-19 pandemic era, Pak J Med Sci, 36,1-5
Regmi K, Jones L., 2020. A systematic review of the factors – enablers and barriers - affecting e-learning in health sciences education, BMC Med Educ, 20,1,91-98
Singaram VS., van der Vleuten CPM., van Berkel M. & Dolmans DHJM, 2010. Reliability and validity of a Tutorial Group Effectiveness Instrument, Medical Teacher, 32,133-137.
Roff S, McAleer S, Harden RM, AlQahtani M, Ahmed AU, Deza H, Groenen G, Primpayon P., 1997. Development and validation of the Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM), Med Teach, 19,4,295–299
Tempski P, Arantes-Costa FM, Kobayasi R, Siqueira MAM, Torsani MB, Amaro BQRC, et al.,2021. Medical students’ perceptions and motivations during the COVID-19 pandemic. PLoS ONE 16(3): e0248627. https://doi.org/10.1371/ journal.pone.0248627