Analisis Hubungan Kepuasan Waktu Pelayanan pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit: Tinjauan Literatur Sistematik

Main Article Content

MIDORY AUTAKE
SYIFAUL LAILIYAH

Abstract

Latar belakang : Masalah umum yang sering terjadi dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah lamayan waktu tunggu dalam alur pelayanan, yang berpotensi menimbulkan rasa ketidakpuasan menunggu dengan waktu yang lama dari prosedur yang ditetapkan. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu tunggu pasien rawat jalan dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelyanan rawat jalan di Rumah Sakit. Metode : Peneliti menggunakan metode tinjauan literatur sistematis (Systematic literature review) dengan memanfaatkan kerangka kerja PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Pencarian artikel ilmiah dilakukan melalui google scholar. Hasil akhir ditemukan sebanyak 16 artikel ilmiah. Hasil : Berdasrkan tinjauan literatur dan analisis waktu tunggu pasien rawat jalan di rumah sakit, dapat disimpulkan bahwa waktu tungggu berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien yang cenderung rendah. Waktu tunggu pelayanan dianggap lama dan tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Article Details

How to Cite
MIDORY AUTAKE, & SYIFAUL LAILIYAH. (2024). Analisis Hubungan Kepuasan Waktu Pelayanan pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit: Tinjauan Literatur Sistematik. Hang Tuah Medical Journal, 21(2), 280–292. https://doi.org/10.30649/htmj.v21i2.485
Section
Review

References

Astanti, Y. D., Soejanto, I., & Berlianty, I. (2020). Simulasi Alur Pelayanan Rawat Jalan (Poliklinik) di Rumah Sakit Menggunakan Software ProModel. Opsi, 13(1), 1. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3223

Chen, J., & Alturas, B. (2023). Improvement of Outpatient Service Processes : A Case Study of the University of Hong Kong- Shenzhen Hospital. Research Square, 1–24. https://www.researchsquare.com/article/rs-2443699/v1

Dewanto, S., & Santosa, A. (2020). Simulasi Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Menggunakan Simulasi Kejadian Diskrit. Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.34010/iqe.v8i1.2725

FAHRURAZI, F. E., Ibrahim, N. H., Mafauzy, N. M., Wan Ismail, W. N. A., & Mohamed Rusli, S. S. (2022). Factors affecting waiting time in Outpatient Pharmacy at Hospital Raja Perempuan Zainab II (HRPZ II). Journal of Pharmacy, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31436/jop.v2i1.105

Giusman, R., & Nurwahyuni, A. (2021). Evaluasi Pelayanan Rawat Jalan RS X pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Segmenting, Targeting dan Positioning. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(1), 72. https://doi.org/10.29241/jmk.v7i1.599

Husni Lubis, M., Eliza Putri Lubis, Y., & Lestari Nasution, S. (2023). Evaluation Of Waste Implementation Flow Of Polyclinic Outpatient Service With Blueprint Service At Royal Prima General Hospital, Medan. International Journal of Health and Pharmaceutical (IJHP), 3(3), 411–423. https://doi.org/10.51601/ijhp.v3i3.179

Imam, C. W., Anugrahanti, W. W., & Rahayu, R. P. (2022). Pendampingan Masyarakat Tentang Alur Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 298. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7282

Iswanto, A. H. (2022). Reduksi Waktu Tunggu di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 482. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2040

Li, Y., Gong, W., Kong, X., Mueller, O., & Lu, G. (2020). Factors associated with outpatient satisfaction in tertiary hospitals in China: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 1–29. https://doi.org/10.3390/ijerph17197070

Meilia, R. E., Ahmad, K. N., & Melizsa. (2022). Analisa Perubahan Alur Pelayanan Rawat Jalan dalam Sudut Pandang Petugas Pendaftaran di RSAU DR. M. Hassan Toto Bogor pada Masa Pandemi Covid-19. Frame of Health Journal, 1(1), 46–57.

Nandikove, P. (2020). Behavioral Factors as a Determinant in Electronic Medical Record System Information Use : A Case of Kakamega County Referral Hospital Outpatient Department. 7(November), 5–10. https://doi.org/10.21275/SR201104174839

Nengsih, Y. G. (2021). Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(1), 51–57. https://doi.org/10.52943/jipiki.v6i1.479

Situmorang, M., Rahmawati, R., & Farhansyah, F. (2023). Gambaran Umum Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rs Santa Elisabeth Batam Kota. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 4(2), 45–51. https://doi.org/10.25047/j-remi.v4i2.3709

Subburaman, G. B. B., Munavalli, J. R., Ravilla, T., Mertens, H., Webers, C., Vasudeva Rao, S., & van Merode, F. (2023). Managing Outpatient Cycle Times in Hospitals Using Integrated Closed-Loop Approaches. Health Services Insights, 16. https://doi.org/10.1177/11786329221145858

Yoo, S., Cho, M., Kim, E., Kim, S., Sim, Y., Yoo, D., Hwang, H., & Song, M. (2016). Assessment of hospital processes using a process mining technique: Outpatient process analysis at a tertiary hospital. International Journal of Medical Informatics, 88, 34–43. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2015.12.018