Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Nilai Biologi Mahasiswa Semester Satu Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah
DOI:
https://doi.org/10.30649/htmj.v22i2.813Kata Kunci:
Pandemic, CBT, SOOCA, Final ScoreAbstrakAbstrak
Pandemi COVID-19 juga membawa dampak yang cukup besar pada bidang pendidikan. Kebijakan mengharuskan semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah, termasuk kegiatan belajar-mengajar, dihentikan sampai pandemi COVID-19 mereda. Perubahan dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi daring membawa sejumlah masalah yang menjadi tantangan bagi dunia pendidikan.
Untuk mengetahui pengaruh pandemi COVID-19 terhadap nilai biologi mahasiswa semester satu FK UHT tahun ajaran 2017/2018, 2018/2019 dan tahun ajaran 2020/2021, 2021/2022.
Pada penelitian ini akan digunakan metode cross sectional group design. Penelitian ini menggunakan seluruh mahasiswa semester satu fakultas kedokteran universitas hang tuah angkatan 2017/2018, 2018/2019 dan 2020/2021, 2021/2022.
Pada CBT didapatkan hasil pada uji T dengan hasil tidak signifikan nilai Biologi mahasiswa semester satu FK UHT pada masa tidak pandemi 2017/2018 dengan masa pandemic 2020/2021 dengan p=0,0085 (p ˂ 0,05). Pada SOOCA dengan uji T tes didapatkan hasil tidak signifikan nilai Biologi mahasiswa semester satu FK UHT pada masa tidak pandemi 2017/2018 dengan masa pandemi 2020/2021dengan p=0,078 (p ˂ 0,05). dan Nilai Akhir dengan uji T tes didapatkan hasil tidak signifikan nilai Biologi mahasiswa semester satu FK UHT pada masa tidak pandemi 2017/2018 dengan masa pandemi 2020/2021dengan p=0,054 (p ˂ 0,05). Pada CBT didapatkan hasil pada uji T dengan hasil signifikan nilai Biologi mahasiswa semester satu FK UHT pada masa tidak pandemi 2017/2018 dengan masa pandemi 2021/2022 dan 2021/2022 dengan p=0,000 (p ˂ 0,05). ). Pada SOOCA dan Nilai Akhir dengan uji T tes didapatkan hasil signifikan nilai Biologi mahasiswa semester satu FK UHT pada masa tidak pandemi 2018/2019 dengan masa pandemi 2021/2022dengan p=0,000 (p ˂ 0,05). Pada CBT didapatkan hasil pada uji Anova satu arah dengan hasil signifikan nilai Biologi mahasiswa semester satu FK UHT pada masa tidak pandemi 2018/2019 dengan masa pandemic 2020/2021 dan 2021/2022 dengan p=0,000 (p ˂ 0,05). Pada SOOCA dan Nilai Akhir dengan uji T tes didapatkan hasil signifikan nilai Biologi mahasiswa semester satu FK UHT pada masa tidak pandemi 2018/2019 dengan masa pandemi 2020/2021 dan 2021/2022dengan p=0,000 (p ˂ 0,05).
Pada tahun ajaran sebelum pandemi 2017/2018 dengan tahun ajaran masa pandemi 2020/2021 terdapat perbedaan rerata nilai ujian CBT, SOOCA, dan Nilai Akhir biologi mahasiswa semester satu FK UHT. Pada tahun ajaran sebelum pandemi 2017/2018 dengan tahun ajaran masa pandemi 2021/2022 terdapat perbedaan rerata nilai ujian CBT, SOOCA, dan Nilai Akhir biologi mahasiswa semester satu FK UHT. Pada tahun ajaran sebelum pandemi 2018/2019 dengan tahun ajaran masa pandemi 2020/2021 dan 2021/2022 terdapat perbedaan rerata nilai ujian CBT, SOOCA, dan Nilai Akhir biologi mahasiswa semester satu FK UHT.
Kata Kunci : Pandemi, CBT, SOOCA, Nilai Akhir
Referensi
Adebo, P. (2018). Online Teaching and Learning. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 8(2), 73. https://doi.org/10.23956/ijarcsse.v8i2.549
Aji R. H. S., “Dampak Covid-19 pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran”, Jurnal Budaya Sosial dan Syar’I, Volume 07 Nomor 05, (Jakarta: FSH UIN Syarif Hidayatullah 2020), hal. 397-398
Ali M., S. M. K. Hossain, and T. Ahmed, "Effectiveness of E-learning for university students: evidence from Bangladesh," Asian Journal of Empirical Research., vol. 8, no. 10, pp. 352-360,
Anderson, Ronald H, “Selecting and Developing Media for Instruktion Van Nastrand Reinhold Compay, New York, 1983.
Arnesi N. dan Abdul H., PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE – OFFLINE DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS., Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015, p-ISSn: 2355-4983; e-ISSN: 2407-7488 .
Bhuana, G. P., & Apriliyanti, D. L. (2021). Teachers’ encounter of online learning: Challenges and support system. Journal of English Education and Teaching, 5(1), 110–122.
Bilfaqih Y., “Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring”, (Yogyakarta:CV Budi Utama, 2015), hal. 4
Bonk C. J., "Online Teaching in an Online World (executive summary)," USDLA Journal, vol. 16, no. 1, 2002
Coman, C., Țîru, L. G., Meseșan-Schmitz, L., Stanciu, C., & Bularca, M. C. (2020). Online teaching and learning in higher education during the coronavirus pandemic: Students’ perspective. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–22. https://doi.org/10.3390/su122410367
Elyas A.H., “Penggunaan Model Pembelajaran E-learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, Jurnal Pendidikan , Edisi 56 April, (Medan : Universitas Darmawangsa 2018), hal. 8-9.
Fitriani, Risma D. H., Islamiani S., Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi Vol.5 (1)
Gunadha, R., & Rahmayunita, H. (2020). Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa Miskin. https://www.suara.com/news/ 2020/04/16/130712/kuliah-online-saatcorona-picu-ketimpangan-akses-bagimahasiswa-miskin
Jethro O. O., M. A. Grace, and K.A. Thomas, "E-learning and its effects on teaching and learning in a global age," International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences., vol. 2 no. 1, pp. 203-210, 2012.
Li, C. and Lalani, F., 2020. The COVID-19 pandemic has changed education forever. This is how. [online] World Economic Forum. Available at: <https://www.weforum.org/agenda/2020/04/coronavirus-education-global-covid19-online-digital-learning/> [Accessed 28 November 2021].
Marisa, S. I. (2019). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran siswa upaya mengatasi permaslahan belajar. Jurnal Taushiah FAIUISU, 9(2), 20–27
Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Students’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nurkholis, “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”, Jurnal Kependidikan, Voulume 01 Nomor 1 Nopember, (Purwokerto: Jurusan Tarbiyah STAIN 2013), hal. 26
Prasetya T. A., and C. T. Harjanto, "Improving learning activities and learning outcomes using the discovery learning method," VANOS Journal of Mechanical Engineering Education., vol. 5, no. 1, pp. 59-66, 2020
Purwanto A. dkk “Studi Eksplorasi Daalam …hal. 5
Rahayu, R. P., & Wirza, Y. (2020). Teachers’ Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 392–406. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29226
Safitri, S., & Panjaitan, E. U. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA N 2 Rantau Selatan. Jurnal Edu-Bio: Education and Biology, 03(02), 8–14
Sofyana L., “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatshap pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika universitas PGRI Madiun”, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 08 Nomor 1 Maret, (Madiun: Teknik informatiak Universitas PGRI 2019), hal. 82
Suharni, P. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.
Sujana I W.C., “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia”, Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 4 Nomor 1 April, 2019, hal. 31
Utami S., Rufaidah A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 8.
Wang Y. S., Hsiu Yuan Wang, and Daniel Y. Shee, "Measuring e-learning systems success in an organizational context: Scale development and validation." Computers in Human Behavior, vol. 23, no. 4, pp. 1792-1808, 2007.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 HANG TUAH MEDICAL JOURNAL

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






