Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Pengetahuan Complementery Alternative Medicine (CAM) Pada Penderita HIV di Jambi

Penulis

  • JELLY PERMATASARI STIKES Harapan Ibu Jambi
  • INDRI MEIRISTA STIKES Harapan Ibu Jambi
  • NADIATUL MAWADDAH STIKES Harapan Ibu Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30649/htmj.v17i2.89

Kata Kunci:

Pengobatan Alternatif dan Komplementer, CAM, HIV/AIDS

Abstrak

ABSTRAK Latar belakang: HIV/AIDS adalah masalah kesehatan masyarakat yang memerlukan perhatian yang serius dari pemerintah. Selain pengobatan terapi konvensional, orang dengan HIV/AIDS sering menggunakan pengobatan alternatif dan komplementer (CAM) untuk meningkatkan kualitas kesehatan.Pengobatan alternative dan komplementer (CAM) menggunakan bahan-bahan alami, tidak hanya terbatas pada tumbuhan herbal, tetapi juga mencakup penggunaan vitamin dan mineral alam lainnya.Dibandingkan pengobatan konvensional pengobatan terapi CAM lebih aman untuk digunakan karena tidak menimbulkan efek samping yang serius.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi CAM pada ODHA di Yayasan Kanti Sehati Sejati Kota Jambi.
Metode :Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental jenis one group pretest-posttest dan merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data secara prospektif. Didapat 35 ODHA yang menjadi responden pada penelitian ini dan terdaftar sebagai anggota di Yayasan Kanti Sehati Sejati Kota Jambi.
Hasil: Data penelitian mengenai karakteristik demografi dan pengetahuan CAM diperoleh dari kuisioner yang diberikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi dan dibuktikan dengan uji paired T test sehingga diperoleh nilai signifikansi≤ 0,05.
Kesimpulan : adanya pengaruh edukasi terhadap pengetahuan CAM pada penderita HIV.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-06

Cara Mengutip

JELLY PERMATASARI, INDRI MEIRISTA, & NADIATUL MAWADDAH. (2020). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Pengetahuan Complementery Alternative Medicine (CAM) Pada Penderita HIV di Jambi . Hang Tuah Medical Journal, 17(2), 139–149. https://doi.org/10.30649/htmj.v17i2.89